Kamis, 12 Mei 2011

TUGAS KESEHATAN MENTAL

“ Analisis Film Berdasarkan Teori Kepribadian Humanistik “

OLEH
Kartika Rachmada ( 10509511 )
Nadia Alifazuhri M ( 10509502 )
Pungkas Anugrahutami ( 13509082 )
Resya Buari Dwi Widiani ( 10509068 )
Stefany Debtriane ( 14509894 )
Sinopsis film The Karate Kid .

Dre Parker (Jaden Smith) tak pernah ingin meninggalkan teman-temannya namun karena ibunya harus pindah ke Beijing maka tak ada pilihan buat Dre selain pasrah. Sebagai pendatang baru jelas masalah yang dihadapi Dre tidaklah mudah. Selain harus beradaptasi dengan lingkungan baru Dre juga masih harus berhadapan dengan para berandal di kota yang baru ini.
Saat berusaha untuk beradaptasi, Dre sudah dihajar habis-habisan oleh para berandal sebaya Dre yang rata-rata punya kemampuan bela diri tinggi. Dre hampir putus asa dan ingin kembali ke Amerika namun itu semua berubah ketika Dre bertemu Han (Jackie Chan) yang berusaha mengubah cara pandang Dre.

Han meyakinkan Dre bahwa satu-satunya cara untuk menghindar dari teror ini bukanlah dengan cara melarikan diri tetapi dengan menghadapinya. Dengan bantuan Han, Dre mulai mempelajari ilmu bela diri untuk melindungi dirinya dari ancaman para berandal yang tak pernah membiarkan Dre hidup tenang.
Kemauan dan perubahan mulai terjadi saat Hen dan Dre datang ke setuatu tempat dimana tempat itu adalah tempat Cheng berguru dan berlatih bela diri. Saat itu Hen dan Dre melihat dari kejauhan bagaimana latihan yang di lakukan Cheng di tempat itu,tak sengaja Hen dan Dre tertangkap mata oleh Cheng dan gurunya,pada saat itu Dre di tantang unutk berduel dengan Cheng namun Hen melarang dan memnantang balik Cheng dan gurunya unutk bertanding sehat di arena pertandingan yang akan di adakan di Cina. Saat itu Hen berusaha keras mengajarkan ilmu karate pada Dre hingga tiba pertandingan dimulai dan Dre lolos dalam mengalahkan satu persatu lawanya dan akhirnya tibalah pada pertandingan final dimana Cheng dan Dre harus berduel unutk merebutkan gelar juara. Kelicikan dan kekuatan juga strategi yang di miliki Cheng mulai di tampakan hingga hamper saja mengalahkan Dre,namun Dre yang sudah menguasai ilmu konsentrasi yang tinggi akhirnya mampu mengalahkan Cheng. Akhirnya Dre lah yang memenangi gelar juara itu dan saat itu Cheng mengakui kekalahannya.
Dre yang saat itu hamper jatuh dalam keputusasaan akhirnya mampu bengkit dan menunjukan bahwa ia mampu mengembangkan diri.


TEORI YANG DI GUNAKAN
TEORI KEPRIBADIAN “ALPORT”

Menurut Aport,individu-individu yang sehat di katakan mempunyai fungsi yang baik pada tingkat rasional dan sadar. Menyadari sepenuhnya kekuatan – kekuatan yang membimbing mereka dan dapat mengontrol kekuatan-kekuatan itu juga.
Dalam diri individu yang matang kita menemukan seorang pribadi yang tingkah lakunya ditentukan oleh sekumpulan sifat yang terorganisasi dan harmonis. Penentu utama tingkah laku dewasa yang masak adalah seperangkat sifat yang terorganisir dan seimbang yang mengawali dan membimbing tingkah laku sesuai dengan psinsip otonomi fungsional.
Tidak semua orang dewasa mencapai kematangan penuh. Ada individu-individu yang sudah dewsa namun motivasi-motivasinya masih bersifat kekanak-kanakan. Rupanya tidak semua orang dewasa bertingkah laku mengikuti prinsip-prinsip yang jelas dan rasional. Akan tetapi sejauh mana mereka menghindari motivasi-motivasi yang tidak disadari dan sejauh mana sifat-sifat mereka tidak lagi berhubungan dengan sumber-sumber yang berasal dari masa kanak-kanak memang bisa dijadikan ukuran normalitas dan kematangan mereka. Hanya dalam diri individu yang sangat tergantung kita menemukan orang dewasa yang bertingkah laku tanpa menyadari apa sebabnya ia bertingkah laku demikian, yang tingkah lakunya lebih erat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa kanak-kanak daripada dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi kini atau pada masa yang akan datang.
Adapun ciri-ciri atau kriteria dari kepribadian matang menurut Alport :
1. Perluasan diri (extension of the self). Artinya hidupnya tidak boleh terikat secara sempit pada sekumpulan aktifitas yang erat hubungannya dengan kebutuhan-kebutuhan dan kewajiban-kewajiban pokoknya. Harus dapat mengambil bagian dan menikmati macam-macam aktivitas yang berbeda-beda. Salah satu aspek dari perluasan diri adalah proyeksi ke masa depan, yakni merencanakan dan mengharapkan.
2. Kemampuan menjalin hubungan yang hangat dengan orang lain (Warm relating of self to other), baik dalam bentuk hubungan yang mendalam maupun tidak mendalam, memiliki dasar rasa aman dan menerima dirinya sendiri.
3. Memiliki orientasi yang realistik (Self Objectification). Dua komponen utama dari Self Objectification adalah humor dan insight. Insight disini adalah kapasitas individu untuk memahami dirinya sendiri, meskipun tidak jelas bagaimana menemukan suatu standar yang cocok untuk membandingkan kepercayaan-kepercayaan individu yang bersangkutan. Perasaan humor tidak hanya menunjukkan kapasitas untuk menemukan kesenangan dan gelak tawa dalam hal sehari-hari, tetapi juga kemampuan untuk membina hubungan-hubungan positif dengan diri sendiri dan dengan objek-objek yang dicintai, serta menyadari adanya ketidakselarasan dalam hal ini.
4. Filsafat hidup (Philosophy of life). Walaupun individu itu harus dapat obyektif dan bahkan menikmati kejadian-kejadian dalam hidupnya, namun mestilah ada latar belakang yang mendasari segala sesuatu yang dikerjakannya, yang memberinya arti dan tujuan. Religi merupakan salah satu hal yang penting dalam hal ini.
5. Kemampuan menghindari reaksi berlebihan terhadap masalah (Emotional security). Masalah disini adalah masalah yang menyinggung drives spesifik (misalnya, menerima dorongan seks, memuaskan sebaik mungkin, tidak menghalangi tetapi juga tidak membiarkan bebas) dan mentoleransi frustasi, perasaan seimbang.
6. Realistic perceptions, skill, assignments, kemampuan memandang orang, obyek dan situasi seperti apa adanya, kemampuan dan minat memecahkan masalah , memiliki keterampilan yang cukup untuk menyelesaikan tugas yang dipilihnya, dapat memenuhi kebutuhan ekonomi kehidupan tanpa rasa panic, rendah diri, atau tingkah laku destruksi diri lainnya.

ANALISIS FILM

Menurut Alport individu-individu yang sehat dikatakan mempunyai fungsi yang baik pada tingkat rasional dan sadar. Dre dapat dikatakan sebagai individu yang memiliki fungsi yang baik pada tingkat rasional dan sadar nya karena ia mampu keluar dari pengalamannya sebagai anak Amerika yang pindah ke Beijing Cina dan selalu menjadi bulan-bulanan teman-temannya di cina. Ia mampu mengembangkan diri dan mau belajar agar ia dapat mencapai tingkat dimana ia tak lagi menjadi pelampiasaan kenakalan para teman-temannya lewat karate Dre menyalurkan energi yang dimilikinya dan mengarahkan nya pada jalan yang tepat,Dre yang mampu menujunkukan bahwa ia bisa sebagai karateka yang baik dan bukan seorang yang pengecut.
Dre memiliki beberapa sifat khusus dari kepribadian matang sesuai dengan criteria kepribadian yang sehat menurut Alport.
1. Perluasan Diri
Dre yang mau belajar dengan cukup keras Oleh Hen akhirnya mampu mengusai ilmu bela diri karate. Setelah mencoba hasil belajarnya dalam pertandingan karate akhirnya Dre mampu menunjukan kepada semua orang bahwa ia bukan seorang yang lemah dan mau di tindas oleh teman-temannya,walaupun ia berbeda kewarganegaraan dengan hen.
2. Kemampuan Menjalin Hubungan Yang Hangat Dengan Orang Lain
Dre yang baru saja pindah dari Amerika mampu menjalin hubungan yang cukup baik dengan seorang asli cina yaitu Hen. Dan Hen juga yang membantunya mempelajari ilmu bela diri. Selain itu Dre yang sangat di senangi oleh teman-teman wanita karena Dre yang tampil dengan kelembutan dan ciri khas orang amerika sehingga mampu menarik simpaty teman-temannya.
3. Memiliki Orientasi yang Realistik
Dre yang mampu memahami dirinya adalah seorang yang berbeda kebudayaan dengan penduduk cina mulai beradaptasi dan mampu menjalin hubungan baik dan mulai mencitai Cina dengan berbagai keanekaragamannya. Dan Dre yang memiliki keunikan dan cirri khas orang Amerika mampu menghibur teman-temannya dan menjadi teman yang baik untuk temannya. Dre yang juga memiliki keahlian Dance menjadi daya tarik tersendiri untuknya di sukai oleh teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar