Sabtu, 14 April 2012

DIMENSI

Menurut Bar-On (Iskandar, 2009) kecerdasan emosional menampilkan lima dimensi sebagai berikut :
a.      Intrapersonal EQ
(1). Self Regard merupakan kemampuan untuk dapat menghargai dan menerima sifat dasar pribadi yang pada dasarnya baik.
(2). Emotional Self Awareness merupakan kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri.
(3). Assertiveness merupakan kemampuan untuk mengeksperesikan perasaan, keyakinan,dan pemikiran serta mempertahankan hak pribadi secara konstuktif.
(4). Independence merupakan kemampuan untuk dapat mengarahkan dan mengendalikan diri dalam berfikir dan bertindak serta menjadi lebih bebas secara emosional.
(5).  Self Actualization merupakan kemampuan menyadari kapasitas potensi diri.
b.      Interpersonal EQ
(1). Empathy merupakan kemampuan memahami,mengerti,serta menghargai perasaan orang lain.
(2). Social Responsibility merupakan kemampuan untuk menampilkan diri secara kooperatif,kontributif,dan konstruktif sebagai anggota kelompok masyarakat.
(3). Interpersonal Relationship merupakan kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan yang tercermin dari kedekatan afektif serta keinginan untuk saling memberi dan menerima.
c.       Adaptability EQ
(1). Reality Testing merupakan kemampuan untuk menghubungkan antara pengalaman dan kondisi saat ini secara objektif.
(2). Flexibility merupakan kemampuan untuk menyesuaikan emosi, pemikiran, dan sikap terhadap perubahan suatu situasi dan kondisi.
(3). Problem Solving merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah hingga mendapatkan dan menerapkan solusi secara efektif.
d.      Stress management EQ
(1). Stress Tolerance merupakan kemampuan untuk menghadapi kejadian dan situasi yang penuh tekanan, dan menanganinya secara aktif dan positif tanpa harus terjatuh.
(2). Impulse control merupakan kemampuan untuk menunda keinginan, drive dan dorongan untuk bertindak.
e.       General Mood EQ
(1). Optimism merupakan kemampuan untuk melihat sisi terang kehidupan dan memilihara sikap positif, meski disaat yang tidak menyenangkan.
(2). Happiness merupakan kemampuan untuk merasa puas akan kehidupan pribadi dan orang lain, bersenang-senang dan mengekspresikan emosi yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar