Sabtu, 14 April 2012

kecerdasan emosional

Dalam kamus psikologi menurut Chaplin mendefinisikan Emosional adalah suatu hal yang berkaitan dengan ekspresi emosi atau dengan perubahan-perubahan yang mendalam menyertai emosi dan mencirikan individu yang mudah terangsang untuk menampilkan tingkah laku emosional. Kecerdasan emosional sendiri adalah kemampuan merasakan,memahami,dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi,informasi,koneksi dan pengaruh yang manusiawi. Kecerdasan emosional bekerja secara sinergi dengan keterampilan kognitif, orang yang berprestasi tinggi memiliki keduanya. Tanpa adanya kecerdasan emosional maka orang tidak akan mampu menggunakan keterampilan kognitif mereka sesuai dengan potensinya yang maksimal.  
            Menurut Goleman (1999) mengatakan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengelola perasaan (emosi) nya, antara lain bagaimana seseorang dapat memotivasi dirinya dan orang lain. Sedangkan menurut Cooper & Ayman Sawak (1999) berpendapat kecerdasan emosional adalah kemampuan mengindra,memahami dan dengan efektif menerapkan kekuatan dan ketaqwaan emosi  sebagai sumber energi,informasi dan pengaruh.
Menurut Goleman (Iskandar,2009) mengatakan bahwa kecerdasan emosional adalah mencakup kemampuan untuk membedakan dan menanggapi dengan tepat suasana hati, tempramen, motivasi dan hasrat antar-pribadi lebih menekankan pada aspek kognisi atau pemahaman.
           jadi dapat  disimpulkan bahwa memilki kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap langkah kehidupan yang tepat yang dapat kita ambil. kecerdasan emosional sangat penting untuk menimbang apa yang harus kita lakukan dan sebagai pengontrol pribadi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar