Senin, 27 Desember 2010

MERANG DAN PEGAGAN BISA ATASI KETOMBE

MERANG DAN PEGAGAN BISA ATASI KETOMBE

Selain kerontokan masalah membandel lainnya pada rambut adalah ketombe yang membuat rambut anda bau dan kusam. Ketombe terjadi akibat produksi minyak berlebih dari kulit kepala. Gejala umumnya adalah timbul sisik-sisik putih pada kulit kepala,gatal dan bisa juga disertai dengan keronmtokan rambut. Gejala lainnya yang timbul menurut Herbalis dari klinik Mahkota Dewa Indonesia adalah bermacam-macam tergantung pada individunya. Ketombe sering kali menjadi masalah karena selain,gatal juga menggangu penampilan.
Produksi ketombe dapat diperparah dengan tumbuhnya mikro organisme bernama Pitryrosporum ovale di rambut secara berlebihan. Pitryrosporum ovale sebenarnya adalah flora norma yang dirambut. Akan tetapi bebagai keadaan seperti suhu,kelembaban,kadar minyak yang tinggi dan penurunan imunitas tubuh dapat  memicu pertumbuhan jamur ini.
Penyebab ketombe dapat terjadi akibat beberapa faktor yang ada di dalam diri kita seperti apakah kita sedang stes,tidak cocok dengan kosmetik rambut tertentu,minum alkohol,dan kopi,merokok atau karena shampo yang tidak cocok,misaalnya shampo yang mengandung sulfur dan asam salisil.
Shampo anti ketombe yang biasa kita pilih sebaiknya sesuai dengan jenis rambut yang kita miliki. Sedangkan untuk jenis ketombe yang berat dapat digunakan shampo yang mengandung selium,zinc,atau asam salsilat yang telah terbukti cukup berhasil. Shampo yang mengndung ,anti jamur seperti ketokonazole juga dapat digunakan.
Atasi kerontokan. Jika masalah di atas tidak membuahkan hasil,cara alami mengatasi ketombe dapat kita pilih. Bahan alami ini dapat kita jadikan sebgai shampo :
Bahan-bahan :
200 ml minyak merang
½ sdt serbuk daun mangkokan
5 kuntum bunga kenanga di haluskan
Seluruh bahan di campurkan jadi satu,biarkan semalam agar herbal menyatu dengan minyak. Lalu ratakan keseluruh permukaan kulit kepala.
Merang adalah tangkai dari bulir padi. Merang banyak mengandung zat-zat seperti kalsium,fosfor dan vitamin B yang di butuhkan oleh rambut. Sedangkan daun pegagan adalah herbal yang memiliki fungsi revitalisasi sel yang rusak.
(Majalah info kecantikan edisi 02.TH.IV.2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar