Kamis, 06 Januari 2011

KOMPUTER DI DALAM BIDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN

TUGAS MAKALAH
KOMPUTER DI DALAM BIDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN

NAMA      : RESYA BUARI DWI WIDIANI
KELAS       :2PA01








UNIVERSITAS GUNADARMA

DAFTAR ISI

BAB 1 SEKILAS PENGERTIAN TENTANG KOMPUTER
BAB 2 PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
BAB 3 KOMPUTER DI DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
a.      Pengertian Komputer di DalamPsikologi Pendidikan
b.      Manfaat Komputer di DalamPsikologi Pendidikan
c.       Dampak yang di timbulkan Komputer di DalamPsikologi Pendidikan
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA


BAB 1 SEKILAS PENGERTIAN TENTANG KOMPUTER
a.      komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. komputer juga bisa didefinisikan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.









BAB 2 PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
a.      Definisi  Psikolgi Pendidikan menurut Democritus
Filsuf pertama yang menekankan pentingnya pengaruh lingkungan dan suasana rumah terhadap perkembangan kepribadian seseorang sehingga lingkungan dan suasana rumah perlu di bina sebaik mungkinagar suasananya kondusif.
b.      Plato dan Aristoteles
Yang mengembangkan system pendidikan berdasarkan pada prinsip-prinsip psikologi.
c.       Jhon Locke
Secara kritis mengemukakan bahwa sewaktu individu lahir dalam jiwanya belum terdapat apa-apa tetapi secara potensial ,jiwa individu itu sensitive untuk melakukan impresi terhadapdunia luar dengan melalui sense.
Psikologi Pendidikan adalah Satu cabang dari ilmu jiwa yang menyoroti atau mempelajari tentang aspek – aspek pendidikan.
Menurut ensiklopedia amerika, Psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
Menurut Barrow, Psikologi Pendidikan adalah seperangkat ilmu yang diperoleh dari penelitian psikologi sebagai acuan lebih efektif di dalam proses belajar mengajar.
Menurut Witheringron pada 1978, Education Psikologi is a sistematic study of the process and factor involved in the education of human being.
Menurut Muhibin Syah pada tahun 2002, mengartikan psikologi Pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
Menurut Ellio, dkk di tahun 1999, Education of Pshycology is the aplication of phsycology to the study of development, learning, motivation, instruction, and related issues.



BAB 3 KOMPUTER DI DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
a.     Pengertian Komputer di DalamPsikologi Pendidikan
Computer di dalam di dalam psikologi pendidikan di gunakan sebagai pendamping untukmembantumempermudah di dalampenerapan ilmu psikologi itu sendiri. Psikologi pendididkan yang banyak menekankan pada aspek pengajaran di dalam menyiapkan peserta didik melalui bimbingan,pengajaran dan juga latihan bagi perannya di masa yang akan datang.
Hubungan computer dan psikologi di dalam psikologi pendidikan dikarenakan pada hakekatnya manusia itu ingin hidup secara berkawan dan berkelompok jadi computer adalah salah satu media sarana penyalur dan tempat untuk bersatunya dan berkumpulnya manusia. Dengan bantuan tekhnologi seperti komputer ini banyak perubahan dan perkembangan yang dialami .
b.     Manfaat Komputer di DalamPsikologi Pendidikan
Pada awalnya computer di gunakan sebagai alat pengolah data namun seiring dengan perkembangan jaman semua itu berubah dengan signifikan. Banyak para ahli tekhnologi membuat alat ini menjadi alat yang serba guna. Computer biasa di gunakan untuk pengajaran yang berguna untuk mempermudah pengajaran dan penyapaian materi. Computer  disini berguna sebagai tutorial, alat peraga dan alat penguji materi.
Manfaat computer di dalam pengajaran :
1.      Computer digunakan unutk membuat dan memperesentasikan bahan atau materi yang akan di sampaikan oleh pengajar dengan bantuan alat-alat lainnya seperti Proyektor dan infokus.
2.       Computer digunakan sebagai alat hitung. Hal ini bisa mempermudah pengguna dalam menghitung nilai-nilai yang tak terjangkau dengan aplikasi tambahan seperti Ms.Excel
3.      Computer digunaka sebagai media komunikasi sekunder dimana diantara pengajar dan pelajar tidak harus bertatapmuka langsung tetapi tugas dan prosedur tetap berjalan dengan baik.
4.      Computer menjadi alat komunikasi yang sangat luas karena adanya bantuan aplikasi internet yang dapat menghubungkan penggunanya dengan siapapun tanpa jarak dan membuat komunikasi menjadi lebih baik.
5.      Computer dapat membantu dan para psikologi membuat psikotest sederhana melalui media ini.
6.      Komputer dapat membantu pengajar  sebagai emansipator yang dapat membawa  atau menghantarkan pelajar baik secara individu mapun kelompok pada tingkat perkembangan tingkat kepribadian yang lebih tinggi dari pada yang dimiliki sebelumnya .
7.      Pengajar berfungsi sebagai komunikator dengan adanya alat ini sangat memudahkan  pengajar di dalam menyaring,mengevaluasi informasi yang tersedia dan mengubah informasi  itu kedalam bentuk yang cocok dan tentunya mudah dipahami dan dimengerti para peserta didiknya.
8.      Pengajar yang berfungsi sebagai inovator dengan bantuan komputer memudahkan didalam menempatkan diri dengan peserta didiknya yang sudah terbiasa dengan alat canggih ini. Degan demikian,maka ia dapat secara kreatif berperan dan merupakan faktor korektif atau sumber pengaruh dalam proses perubahan social.
9.      Membantu pengajar di dalam pembuatan materi diskusi dan seminar
10.  Membantu pengajar di dalam membuat simulasi permainan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri,simpati,perubahan sikap dan melatih ketrampilan juga kepekaan.
c.      Dampak yang di timbulkan Komputer di DalamPsikologi Pendidikan

Selain membawa dampak yang baik namun,ada juga dampak negative yang di timbulkan dari computer di dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat terjadi apabila hilangnya control atau tidak ada orang lain yang mendampingi mereka sehingga mereka akan menggunakan alat ini tidak pada waktunya atau untuk memlihat hal-hal yang bukan seharusnya.
Selain itu timbulnya budaya komsumtif yang berlebihan karena pelajar atau penggunanya sudah ketregantungan pada alat ini untuk hal-hal lain yang diluar kepentingan.
Selain budaya komsumtif akan timbul budaya individual yang dimana pengguna merasakan keasikan yang berlebih dari alat ini sehingga tanpa di sadari ia hanya melakukan komunikasi sekunder dan tidak ada komunikasi primer yang sangat penting. Sehinggaia bersifat antipati terhadap orang lain.


KESIMPULAN
Jadi peran dari computer unutk Psikologi pendidikan sangatlah besar  tertutama bagi pengajar karena hal ini sangat lah membantu dan mempermudah di dalam pengaplikasian materi yang di berikan. Komputer membuat komunikasi yang terjalin diantara satu sama lain nya mudah dan cepat dengan bantuan internet yang sudah semakin menambah kecanggihan tekhnologi saat ini.
Ternyata komputer  banyak memiliki manfaat positif dan juga tak sedikit memiliki dampak yang negatif untuk penggunanya.


DAFTAR PUSTAKA
daman.do.am/news/pendidikan/2009-09-25-29 - Tembolok
Prabowo,Hendro & Ira Puspitawati. Psikologi Pendidikan.Universitas Gunadarma. 1997

Tidak ada komentar:

Posting Komentar