Jumat, 01 Juni 2012

coping stress a factor ...


1.            Faktor-faktor dalam Coping Stress
Menurut Odgen (2004) ada beberapa faktor-faktor  yang dapat mempengaruhi pemilihan strategi coping stress, yaitu sebagai berikut :
(a)    Tipe masalah
Masalah pekerjaan lebih cenderung membangkitkan problem focused coping,  sedangkan masalah kesehatan dan masalah hubungan cenderung membangkitkan emotion focused coping Vitaliano (dalam Odgen, 2004).
(b)   Usia
Anak-anak lebih cenderung menggunakan problem focused coping Menurut Odgen   (2004).
(c)    Gender
Secara umum dipercaya bahwa perempuan lebih cenderung menggunakan emotion focused coping dan laki-laki cenderung menggunakan problem focused coping. Beberapa hasil penelitian menurut stone (dalam Odgen, 2004), memberi contoh bahwa pria lebih lengah dalam mengatasi dan melaporkan untuk mengarahkan suatu tindakan dari pada wanita.
(d)   Pengendalian (Controllability)
Orang cenderung menggunakan problem focused coping jika mereka percaya bahwa masalahnya sendiri dapat diubah. Sebaliknya, mereka lebih menggunakan emotion focused coping jika masalahnya dianggap berada di luar kendali.
(e)    Sumber yang tersedia (Available Resourse)
Coping stress yang di pengaruhi oleh sumber daya eksternal yang ada diluar individu. Sumber daya yang buruk dapat membuat orang merasa bahwa stressor kurang di kontrol oleh mereka yang mengakibatkan kecenderungan untuk tidak menggunakan problem focused coping.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar