Minggu, 31 Oktober 2010

BANJIR


BANJIR
Banjir,adalah salah satu fenomena yang kini di alami oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Hujan yang kian hari terus menguyur daerah Jakarta dan sekitarnya membuat luapan air di bantaran sungai-sungai utama yang melewati kota ini tak dapat menampung lagi debet air sehingga air meluap hingga jalan. Kejadian ini membuat genangan di berbagai daerah  ( Banjir) sehingga menimbulkan kemacetan di berbagai daerah.
Fenomena banjir di ibu kota ini tidak lain di picu karena ulah manuisa itu sendiri, beberapa ulah manuisa yang menyebabkan banjir seperti :
-          Penebangan hutan secara liar
-          Pemanfaatan lahan kosong untuk kepentingan sebagaian orang
-          Pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya,biasanya warga masyarakat sekitar membuang sampah biasanya di kali.
Dari hal terkecil ini mereka tidak sadar,atas perilaku yang mungkin mereka anggap sepele akan berbuah panjang dan akan banyakmenimbulkan kerugian yang sangat banyak yang di rasakan oleh berbagai macam pihak.
Menurut saya,banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah banjir ini dan kerusakan alam.
-          Mulailah dari hal yang terkecil yaitu membuang sampah pada tempatnya.
-          Memanfaatkan lahan kosong dengan cara membuat kebun kita.
-          Membersihkan saluran air sehingga tidak ada penyumbatan .
-          Membuat tempat penampungan iar yang dapat di gunakan sebagai penampung ketika debet air menaik.
Jadi, sebenarnya bencana itu dapat  terjadi karena ulah tangan manusia itu sendiri yang tidak ramah terhadap lingkungan sekitarnya dan dari tangan kita juga kita dapat mencegah datangnya bencana itu sendiri.  
                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar