Senin, 25 Oktober 2010

DEMENSIA ALZHEIMER


DEMENSIA ALZHEIMER

OTAK manusia merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia,fungsinya sangat besar dalam menciptakan perkembangan kebudayaan dari sejak zaman Nabi Adam hingga saat ini.
Demensia yang di sebabkan oleh Alzheimer merupakan peyakit yang tidak hanya mengenai daya piker dan kemampuan aktivitas bagi penderitanya saja, namun juga menimbulkan beban bagi keluarga yang merawatnya. Penyakit ini memiliki gejala berupa kemunduran fungsi intelektual dan emosional secara progresif sehingga menggangu kegiatan social sehari-hari. Gejalanya mulai dengan ganguan ingatan yang mempengaruhi  :       -keterampilan pekerjaan,
kesulitan melakukan tugas yang biasa dilakukan dan berbahasa,
gangguan pengenalan waktu dan tempat,
kesulitan mengambil keputusan yang tepat,
kesulitan berfikir abstrak,
sering salah meletakan barang
perubahan tingkah laku
perubahan kepribadian
serta kehilangan inisiatif.





CARA YANG PALING TEPAT UNTUK MENGATSI MASALAH INI ADALAH :
1.     MENGKONSUMSI MAKANAN SEHAT
Mengurangi dan juga membatasi jumlah kadar lemak setipa kita mengkonsumsi makanan. Memngkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang berguna untuk otak otak dibandingkan nutrisi lainnya.
2.     MENERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT
 Berupaya untuk menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol dan merokok. Aktif dalam kegiatan social terutama yang berkaitan dengan kesehatan otak.
3.     MENGOLAHRAGAKAN TUBUH DAN PIKIRAN
 Mengisi waktu luang dengan melihat gambar lucu seperti gambar kartun,membaca,menonton film,bermain catur,mengisi teka-teki silang dan menggeluti bidang yang di gemari akan leboh baik dan merupakan kunci untuk menggunkan otaka setiap hari. Berusahalah untuk rileks dan berfikiran positif .
Olah raga sangat disarankan karena menurut penelitian orang tua yang berusia 40-60 tahun yang mau dan rajin untuk berolah raga memilki resiko rendah untuk terkena penyakit ini.
4.     MENGHINDARI CEDERA KEPALA
 Pada saat kita sedang mengendarai mobil hendaklah selalu menggunkan sabuk pengaman dan ketika mengendarai sepeda motor harus menggunkan helm sebagai pelindung dan pencegahan cedera kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar